Kamis, 19 Maret 2009

PENYESALAN DI AKHIR PERISTIWA

     Penyesalan datang diakhir kisah atau peristiwa. Mengapa demikian???karena tanpa diawali dengan kisah atau peristiwa, kita tidak akan mengetahui hasil yang kita dapat. Dari hasil tersebut, terkadang akan menimbulkan penyesalan atau tidak, semua itu tergantung dari hasil yang kita dapat sesuai atau tidak dengan apa yang kita harapkan.
     Kita akan mengalami penyesalan manakala kita mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan kita. Hal ini dapat kita buktikan pada diri kita sendiri pada saat kita menemukan suatu kisah atau peristiwa yang memaksa kita untuk memutuskan sesuatu secara cepat tapi tetap. Namun semua itu terkadang berbeda dengan apa yang kita harapkan. Kita berharap untuk memutuskan sesuatu dengan kepala dingin atau tanpa emosi, bahkan kita mengharapkan untuk berpikir panjang dalam mengambil keputusan. Akan tetapi semua itu jarang terjadi. Mengapa demikian???karena manusia memiliki emosi yang begitu besar dan sering berpikir pendek dalam setiap mengambil keputusan apalagi remaja yang masih memiliki emosi yang labil.
     Penyesalan tidak akan muncul manakala semua yang akan kita lakukan, dipikirkan terlebih dahulu agar tidak terburu-buru dalam bertindak. Berpikir disini bukan bermaksud untuk mengulur-ulur waktu dalam menyelesaikan masalah, melainkan untuk mematangkan kembali apa yang akan kita putuskan dalam menyelesaikan masalah dengan mempertimbangkan manfaat dan mudhorotnya. So, dalam mengambil keputusan bukan berarti menghabiskan waktu berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Cukup dengan waktu disaat kita menemukan masalah, kita dapat menyelesaikan masalah tersebut saat itu juga asalkan kita tidak mengedepankan emosi tetapi lebih mengedepankan kepala dingin untuk berpikir. 
      Dengan begitu, Insyaallah kita akan mampu menyelesaikan setiap masalah yang kita hadapi dan mampu mengambil keputusan sesuai dengan harapan kita saat itu juga. Akhirnya, kita dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat, kita tidak akan menyesal dikemudian hari, dan kita dapat bertindak sesuai dengan yang kita putuskan setelah mempertimbangkan manfaat dan mudhorotnya. 
    Berpikirlah terlebih dahulu sebelum bertindak karena tanpa berpikir, tindakan yang kita lakukan tidak akan bermanfaat dan berguna. Mengapa demikian??? Karena setiap tindakan yang kita lakukan tanpa dipikirkan terlebih dahulu akan kacau dan akan menghasilkan hasil yang tiada berguna dan bermanfaat. Dan akhirnya, kita akan menyesal dengan apa yang kita dapatkan karena hasilnya tidak sesuai dengan harapan kita





Tidak ada komentar: