Selasa, 24 Februari 2009

MENJADI AYAH ASI

      Menjadi ayah ASI????mungkin diantara anda pernah mendengar atau membaca buku yang membahas tentang topic tersebut atau mungkin saja diantara anda merasa bingung dan bahkan bertanya-tanya dengan kalimat tersebut.   
      Menjadi ayah ASI bukan berarti ayah yang memberikan ASI secara langsung kepada bayinya tanpa perantara atau tugas ibu dalam memberikan ASI digantikan oleh ayah, karena pemberian ASI secara langsung kepada seorang bayi tanpa perantara merupakan tugas utama seorang ibu. Lantas apa maksudnya??? Dan bagaimana caranya menjadi ayah ASI???
      Sebelum saya menguraikankannya, terlebih dahulu saya akan mengajak anda yang kelak akan berperan sebagai seorang ayah atau bahkan yang saat ini sudah menjadi seorang ayah untuk mengetahui keunggulan ASI. Mengapa demikian??? Karena akhir-akhir ini banyak orang tua yang lebih memilih memberikan susu formula dibanding ASI, bahkan sampai berlomba-lomba memberikan susu formula yang termahal kepada bayinya. Selain itu, karena alasan pekerjaan, para orang tua begitu tega memberikan bayinya susu formula, yang menurut penelitian komposisi yang terkandung dalam susu formula tidak sesuai dengan kebutuhan anak manusia untuk tumbuh kembangnya. 
     Adapun keunggulan ASI adalah ASI mengandung nutrisi yang optimal baik kuantitas dan kualitasnya, ASI meningkatkan kesehatan bayi, ASI meningkatkan kecerdasan bayi, ASI meningkatkan jalinan kasih sayang ibu-anak. Jadi, ASI merupakan nutrisi terlengkap bagi seorang bayi yang tidak ada saingannya.
Perlu anda ketahui bahwa komposisi susu setiap spesies disesuaikan untuk tumbuh kembang anaknya masing-masing. Jadi, susu kucing untuk anak kucing, susu sapi untuk anak sapi, susu ibu untuk anak manusia.
      Lalu, apakah komposisi susu seorang ibu sesuai dengan kebutuhan semua bayi untuk tumbuh-kembangnya??? Ternyata, meskipun sama-sama satu spesies. Namun komposisi susu setiap ibu berbeda-beda, bukan karena makanan berlainan dan perbedaan etnik atau bukan karena financial dan keadaan tubuh ibu, melainkan karena kemampuan usus bayi itu sendiri dalam menyerap nutrisi yang terkandung dalam ASI. 
       Baiklah, saatnya saya mengajak anda untuk kembali ke topic awal yaitu menjadi ayah ASI.
Maksud dari menjadi ayah ASI adalah seorang ayah ikut serta dalam mendukung dan membantu keberhasilan dalam memberikan ASI eksklusif atau proses menyusui, bukan ayah yang memberikan ASI kepada bayinya.
     Adapun cara untuk menjadi ayah ASI, antara lain :
a. Ayah menyendawakan bayi.
b. Ayah memandikan bayi.
c. Ayah bermain, bergurau dan mendendangkan bayi.
d. Ayah mengganti popok.
e. Ayah memijat bayi.
f. Ayah menggendong bayi.

Reference : dr. Hj. Utami Roesli, SpA, MBA, IBCLC. 2008. Inisiasi Menyusui Dini Plus ASI Eksklusif. Jakarta : Pustaka Bunda. 



1 komentar:

varocherdagenhart mengatakan...

JTV Games - Jtmhub
JTV Games - Games for sale 제주도 출장샵 is online gaming solutions software solutions that 의정부 출장마사지 provides mobile and web gaming solutions. 충주 출장안마 JTM games solutions and products 경산 출장마사지 in  보령 출장마사지 Rating: 5 · ‎7 reviews